pasang iklan

Jokowi: Smelter Freeport Beroperasi Juni, Rekrut 20 Ribu Orang

PALEMBANG, JAGAPAPUA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku optimistis smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur akan resmi beroperasi pada Juni 2024 mendatang.

Menurutnya, beroperasinya smelter ini akan berdampak positif bagi perekomian Indonesia. Diantaranya adalah membuka lapangan kerja bagi sekitar 20 ribu karyawan.

"Juni tahun ini industri smelter PT Freeport yang akan mengolah tembaga dan mungkin juga ada emasnya berton-ton akan mulai beroperasi dan akan merekrut anak-anak muda kita," kata Jokowi saat menghadiri Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Palembang, Jumat (1/3/2024).

"Mungkin lebih dari 15 ribu atau 20 ribu untuk bekerja di sana," ujarnya lagi.

Selain itu, keuntungan akan didapatkan dari pajak perusahaan, pajak penghasilan karyawan, hingga penerimaan bukan negara (PNBP). Terlebih saat ini Indonesia memegang mayoritas saham perusahaan sehingga akan mendapat tambahan penghasilan dari dividen.

“Kita memungut namanya pajak perusahaan, pajak karyawan royalti kita dapat, biaya ekspor kita dapat, PNPB kita dapat semuanya," terangnya.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan smelter ini penting untuk mendukung hilirisasi industri, misalnya tembaga yang ditambang di Indonesia tak lagi diekspor melainkan diolah di dalam negeri. Dengan begitu, akan mendapat nilai tambah (added value) barang yang akan dipasarkan.

"Sudah 55 tahun diekspor dalam bentuk mentahan oleh PT Freeport. Bayangkan 55 tahun. Dan kita tidak tahu apakah yang diekspor itu hanya tembaga atau ada emasnya," ucapnya.

Dia pun menekankan pentingnya hilirisasi industri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurutnya, hilirisasi industri akan menambah pendapatan negara berkali-kali lipat sekaligus mendorong pembukaan lapangan pekerjaan yang cukup besar.

Di kesempatan sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan kunjungan ke proyek pembangunan smelter PTFI di Gresik, Jawa Timur. Dia pun mengaku optimistis smelter akan beroperasi pada Juni.

Beroperasinya smelter ini, kata Arifin, merupakan bagian dari agenda hilirisasi tambang yang merupakan langkah penting untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju.

"Saya apresiasi kesungguhan Freeport dalam mendukung kebijakan hilirisasi tambang. Saya optimis Smelter PTFI dapat beroperasi pada Juni 2024," kata Arifin dalam keterangan resmi, Kamis (29/2/2024). (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (1)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery