pasang iklan

Kawal 3 Misi Besar RIPPP, BPP Otsus Gelar Rapat Konsolidasi

JAKARTA, JAGAPAPUA.COM - Sekretaris Eksekutif BPP Otsus atau BP3OKP yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Velix Vernando Wanggai, menyelenggarakan Rapat Konsolidasi Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) di Auditorium Setwapres, Jl. Kebon Sirih No. 14 Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Rapat konsolidasi ini merupakan upaya tindak lanjut pengesahan Perpres Nomor 24 Tahun 2023 tentang RIPPP, terutama untuk mengawal implementasi tiga misi besar yang termuat dalam RIPPP yaitu Papua Sehat, Papua Cerdas, dan Papua Produktif.

“Kita tentu melangkah dengan beberapa poin tentang arahan Wapres, tentang melihat semangat baru, paradigma baru, cara kerja, dan desain baru agar ada sebuah lompatan. Jadi, kita tidak biasa-biasa saja,” tutur Velix dalam sambutannya, dikutip dari laman resmi Setwapres.

Lebih lanjut, Velix menyampaikan, lompatan-lompatan tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui implementasi program-program yang memberikan hasil secara cepat dan baik (quick win).

“Strategi percepatan pembangunan yang terpadu, di sini hal-hal yang sifatnya teknokratik. Kita ingin memastikan rencana induk di dalam Otsus dan Perpres, kemudian memastikan BP3OKP berjalan, dan memastikan proyek-proyek yang quick win, yang fokus dan prioritasnya harus kita lakukan,” papar Velix.

Program quick win ini, tambah Velix, perlu dilakukan utamanya pada sektor yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat seperti pembangunan infrastruktur penunjang kehidupan sehari-hari.

“Penting adanya desain baru pembangunan provinsi baru, termasuk prioritas dalam pembangunan sarana dan prasarana,” imbuhnya.

Velix pun menilai, seluruh gagasan tersebut di atas, akan dapat terlaksana dengan baik apabila dilakukan melalui pendekatan komprehensif dan humanis berbasis teritorial untuk memberikan afirmasi kepada masyarakat asli Papua bahwa pembangunan yang akan dilakukan di daerahnya adalah untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

“Beliau [Wapres] ingin bahwa kita fokus pada comprehensive approach. Jadi, pendekatan menyeluruh untuk mengelola Papua, juga untuk kesejahteraan Papua,” imbuh Velix.

“Dan pendekatan keamanan. Jadi, human security yang dikedepankan,” tambahnya.

Dengan demikian, menutup sambutannya, Velix mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan terkait, baik di pusat maupun daerah, serta BP3OKP, untuk saling bahu membahu bekerja sama menyukseskan RIPPP agar percepatan pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua dapat terwujud.

“Ini menjadi bagian kita mengonsolidasi dari sisi kelembagaan, isu-isu strategis, dan bagaimana kita mengelola isu-isu itu sebagai jalan terbaik untuk kita,” pungkas Velix. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (142)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery