pasang iklan

Filep Wamafma Sambangi Asrama Mahasiswa Mansel di Yogyakarta

YOGYAKARTA, JAGAPAPUA.COM - Anggota DPD RI menyambangi mahasiswa Papua asal Manokwari selatan yang sedang menempuh Pendidikan di kota studi Yogyakarta pada Sabtu, (27/2/2020).

Senator Filep hadir ke asrama mahasiswa tersebut sembari memberikan beberapa bantuan bahan pokok. Bantuan tersebut menurutnya guna meringankan beban mahasiswa di masa pandemi covid-19 sehingga mahasiswa dapat fokus menimba ilmu.

Wakil ketua BULD DPD RI ini mengapresiasi upaya pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan yang tetap memperhatikan kebutuhan mahasiswa dalam bentuk penyediaan asrama. Namun menurutnya, fasilitas Pendidikan juga perlu diberikan kepada mereka agar proses peningkatan SDM dapat maksimal.

Tak hanya menyarankan soal fasilitas Pendidikan, Filep juga meminta agar Pemerintah Daerah menginventarisir peluang pekerjaan di daerah yang perlu diisi oleh Orang Asli Papua.

“ Kita berharap pemerintah daerah juga melihat kebutuhan lapangan pekerjaan di daerah. Sehingga ketika adik-adik selesai belajar di luar daerah, mereka dapat langsung terjun di ranah pekerjaan.” Kata Senator Papua Barat ini.

Menurutnya, pemerintah daerah perlu memperhatikan fenomena maraknya “Sarjana Pengangguran” saat ini.

“Sarjana banyak tapi lapangan pekerjaan yang terbatas. Pendidikan tentu dapat meningkatkan IPM, tapi harapannya bagaimana kita bekerjasama agar Pendidikan itu juga dapat membuat para OAP lebih sejahtera” pungkas Filep.

Filep Wamafma juga meminta agar Pemerintah Daerah dapat menginventarisir semua bantuan Pendidikan kepada mahasiswa atau dunia Pendidikan secara umum. Tujuannya untuk melihat perkembangan kemajuan SDM di Tanah Papua.

“Sekarang kita butuh data kongkrit bantuan Pendidikan dari dana Otsus. Sehingga dapat melihat sejauh mana peran dana otsus dapat mengembangkan SDM Papua.” Tambahnya lagi.

Tak lupa, akademisi STIH Manokwari ini juga mengapresiasi para orangtua yang telah berhasil mengirimkan anaknya belajar di luar Tanah Papua. Menurutnya, hal tersebut patut diapreasi setinggi-tingginya ditengah hambatan ekonomi, latar belakang Pendidikan, dan keterbatasan lainnya. (KR)

Share This Article

Related Articles

Comments (138)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery